Selamat Datang di Balai Litbang GAKI Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Litbang GAKI berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Banner

2017-11-15 08:50:09 | Penulis : ADMINISTRATOR

WBK QUIZ: Dekatkan WBK ke Semua Lapisan

Magelang- Mungkin Banyak orang yang sesungguhnya tidak mengerti arti pembangunan Reformasi Birokrasi ditempatnya bekerja. Reformasi Birokrasi (RB) dianggap terlalu diawang-awang dan hanya bisa dipahami oleh segelintir orang saja. Hal tersebut juga dialami oleh sebagian besar pegawai di Balai Litbang GAKI magelang. Banyak dari mereka yang tidak paham apa sebenarnya RB dan apa saja yang dilakukan dalam rangka pembangunan RB.

                Oleh sebab itu, tim Zona Integritas Balai Litbang GAKI Magelang yang bertugas mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), salah satu progam kerjanya adalah mensosialisasikan WBK dan WBBM kepada seluruh pegawai. Tujuannya adalah supaya seluruh pegawai dari kepala balai hingga petugas keamanan dan pramubhakti dapat memahami dan menjalankannya agar RB di Lingkungan Balai Litbang GAKI dapat tercipta.

                Sosialisasi WBK awalnya dilakukan melalui pertemuan sosialisasi dan lewat media-media promosi seperti spanduk atau banner. Namun, agar tujuan dari sosialisasi dapat tercapai lebih efektif dan efisien, tim ZI membuat terobosan atau inovasi baru untuk mensosialisasikan WBK dan WBBM yaitu dengan progam baru yang dinamakan WBK Quiz.

                WBK Quiz ini prinsipnya sangat sederhana. Tim ZI akan memberikan pertanyaan kepada pegawai Litbang GAKI Magelang, dan siapapun yang berani menjawab dan dapat menjawab dengan benar akan diberikan hadiah. Dengan begitu diharapkan semua pegawai termotivasi untuk lebih mengenal dan mengamalkan wbk dan wbbm. Pertanyaannya pun sangat simpel dan mudah misalnya seperti apa kepanjangan WBBM atau contoh gratifikasi pada masing-masing bidang pekerjaan yang menjadi tugasnya. WBK quiz nantinya akan dihadirkan pada acara-acara yang diselenggarakan oleh Balai Litbang GAKI magelang.

 

Disambut Antusias

                Pada acara sosialisasi WBK dan WBBM tahun 2017 yang diadakan di Aula Balai Litbang GAKI Magelang pada tanggal 4 Juli 2017, tim ZI menggelar WBK Quiz. Kepala Balai Litbang GAKI, Sugianto SKM, M.Sc.PH memimpin langsung acara WBK Quiz dan meminta semua pramu bakti untuk terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

                “Pada dasarnya WBK itu sangat sederhana dan tidak rumit. Misalnya pramu bakti pekerjaannya harus bisa dirasakan oleh semua orang, kalau ada yang membutuhkan bantuan selalu siap sedia dan mudah dicari, yang seperti itu juga bagian dari WBK,” jelasnya.

                Kemudian kepala Balai memberikan pertanyaan sederhana kepada para pramu bakti. Dan yang beruntung memenangkan WBK Quiz adalah Rofiyono. Setelah itu WBK Quiz dilanjutkan dengan melempar pertanyaan kepada seluruh pegawai. Sesi kedua tersebut dipimpin oleh ketua tim Zona Integritas yakni Tri Sudarningsih, SE, MPH. Dan yang berhasil menjawab pertanyaan WBK Quiz sesi kedua pada acara tersebut adalah DR. Leny Latifah, S,Psi, MPH.

                Kepala Balai di akhir acara mengaku bangga, pegawai Balai Litbang GAKI Magelang merespon baik dan menyambut antusias upaya pembangunan Zona Integritas seperti penyelenggaraan WBK Quiz tersebut.

                “Terima kasih kepada semua pegawai yang telah antusias berpartisipasi. Walaupun hadiahnya sangat sederhana, semoga tidak mengurangi esensi bahwa pembangunan zona integritas demi mewujudkan WBK dan WBBM di lingkungan Balai Litbang GAKI Magelang merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab kita bersama dan perlu dilakukan percepatan dalam pembangunan sistemnya. WBK quiz merupakan salah satu inovasi untuk mewujudkan percepatan itu,” tutupnya.

Teks: Ajeng Pinto

Foto: Ajeng Pinto

 

 


KOMENTAR
(Belum ada komentar)

Untuk Mengirim Komentar Silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu
Banner