Selamat Datang di Balai Litbang GAKI Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Litbang GAKI berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Banner

2017-11-16 10:48:04 | Penulis : Administrator

Warga Purworejo Antusias Kunjungi Booth Pameran BP

Purworejo- Dalam rangka melakukan diseminasi hasil penelitian, mendekatkan lembaga dengan masyarakat serta memberi manfaat lebih banyak untuk masyarakat, Balai Litbang GAKI setiap tahun rutin mengikuti pameran. Tahun 2017, BP2GAKI memilih mengikuti pameran di Purworejo pada dalam kegiatan Romansa Purworejo Expo 2017 karena Purworejo merupakan daerah yang kerap menjadi lokasi penelitian BP2GAKI. Pameran dilakukan selama 5 hari penuh yakni tanggal 1 – 5 November 2017 di alun-alun Purworejo.

            Acara pameran dibuka oleh salah satu pejabat di lingkungan Kementerian Pedesaan dan Daerah Tertinggal pada 1 November 2017 pukul 10.00 WIB. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa Purworejo merupakan daerah di Jawa Tengah dengan jumlah desa terbanyak yaitu sekitar 450 desa. Setelah sambutan, para pejabat kementerian pedesaan dan daerah tertinggal didampingi oleh pejabat di Lingkungan Kabupaten Purworejo melkukan kunjungan ke stan pameran.

            Stan pameran Balai Litbang GAKI magelang berada di tenda dekat panggung utama. Di desain dengan nuansa hijau dan ungu yang melambangkan kesehatan dan warna iodium, booth BP2GAKI tampak menarik perhatian. Apalagi, disediakan informasi menarik seputar penelitian yang pernah dilakukan BP2GAKI di Purworejo, konsultasi gizi gratis, pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tekanan darah hingga pemberian souvenir bagi pengunjung. Bahkan, saat mampir ke booth pengunjung boleh mencicipi biskuit Iobi (biskuit tinggi iodium) yang dikembangkan oleh tim Teknologi Pangan BP2GAKI secara gratis.

            Setiap hari stan pameran dibuka pukul 09.30 dan ditutup pukul 21.00. Animo masyarakat Purworejo cukup tinggi dibuktikan dengan jumlah kunjungan yang hampir mencapai 100 orang setiap harinya. Bahkan di hari pertama mencapai 150 orang. Hal tersebut cukup membuat tim pameran kewalahan namun diakui Ismi Setiangsih, salah satu tim pameran yang juga ahli gizi bahwa dirinya justru senang bila kunjungan ke stan cukup tinggi.

            “Cukup melelahkan juga kalau harus melakukan konsultasi ke misalnya 50 orang. Rata-rata 10 menit. Tapi puas dan senang karena bisa memberi manfaat bagi masyarakat. Semoga kunjungan ke stan BP2GAKI berkesan dan memberi dampak positif sehingga masyarakat Purworejo bisa hidup lebih sehat, itu harapan kami selaku tim pameran,” ungkap Ismi.

            Pada hari pertama, struktural BP2GAKI juga melakukan kunjungan supervisi. Kunjungan tersebut dilakukan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Tri Sudarningsih SE, MPH, Kepala Seksi Progam dan Evaluasi, Siti Nurjanah, SE dan Peneliti BP2GAKI, DR. Leny Latifah, S.Psi, MPH. Diungkapkan oleh Siti Nurjanah selaku Kepala Seksi yang menaungi kegiatan pameran, booth BP2GAKI cukup bagus dari penampakan dan isi sehingga wajar bila menarik minat pengunjung.

            “Dari segi desain cukup menarik. Apalagi ada pelayanan gratis. Jadi maklum kalau selalu ramai pengunjung. Tetap semangat terus untuk tim pameran,” pesannya

 

Sengaja Datang Cari BP2GAKI


            Pengunjung yang datang ke stand pameran BP2GAKI cukup beragam. Mulai dari remaja, dewasa hingga bapak atau ibu paruh baya. Kebanyakan dari mereka memang ingin melakukan konsultasi gizi terkait pola hidup sehat. Namun cukup mengejutkan juga ternyata ada beberapa orang yang datang ke pameran karena sengaja ingin berkunjung ke stan BP2GAKI. Seperti ibu Wati yang ternyata merupakan pasien yang rutin ke klinik Litbang GAKI Magelang.

            “Kata tetangga kok ada GAKI di pameran. Jadi ya saya kesini sekalian konsultasi walaupun baru dua minggu lalu saya ke klinik. Saya berharap ada klinik seperti GAKI di Purworejo jadi saya tidak perlu jauh-jauh ke Magelang,” ungkapnya jujur.

            Hingga hari terakhir, Minggu 5 November 2017 pengunjung yang datang masih cukup banyak. Total yang menulis di buku tamu BP2GAKI tercatat 405 pengunjung. Selain memberi informasi di stan, BP2GAKI juga diberi kesempatan untuk melakukan sosialisasi di panggung utama sambil membagikan goddie bag kepada penonton yang beruntung. (HMS-AP)

           

Desain Booth BP2GAKI di Purworejo

 

Pengunjung Mencoba Biskuit Iobi

 

sosialisi tentang BP2GAKI di Panggung Utama

 

Suasana Booth BP2GAKI dipenuhi Pengunjung

 

Suasana Booth BP2GAKI dipenuhi Pengunjung -2


KOMENTAR
(Belum ada komentar)

Untuk Mengirim Komentar Silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu
Banner