Selamat Datang di Balai Litbang GAKI Magelang. Seluruh keluarga besar Balai Litbang GAKI berkomitmen mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Banner

2017-11-16 15:40:45 | Penulis : ADMINISTRATOR

BP2GAKI Raih 2 Penghargaan pada Perayaan HKN 53 di

Jakarta- Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, menjadi momentum yang cukup menggembirakan dan membanggakan bagi seluruh keluarga besar Balai Litbang GAKI Magelang. Bagaimana tidak, dalam perayaan HKN yang bertema sehat keluargaku, sehat Indonesiaku, BP2GAKI mendapat 2 penghargaan yang cukup bergengsi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Penghargaan pertama diganjarkan kepada Majalah Iodikes yang berhasil menyabet juara 1 dalam Kompetisi Terbitan Berkala Internal Kementerian Kesehatan RI Tahun 2017 kriteria majalah. Sedangkan penghargaan kedua diterima oleh BP2GAKI sebagai unit kerja yang menerapkan indikator Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2017.

                Penghargaan tersebut diserahkan dalam dua acara berbeda. Untuk majalah Iodikes, penghargaan diberikan pada hari sabtu, 11 November di Jiexpo kemayoran, pada puncak acara pameran alat kesehatan. Diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes, dr. Untung Suseno, M.Kes, penghargaan diterima oleh perwakilan BP2GAKI, Bapak Sugianto, SKM, M.Sc.PH, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BP2GAKI yang kini mendapatkan promosi jabatan menjadi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Humaniora dan Manajemen Kesehatan. Sementara itu, untuk penghargaan WBK diserahkan setelah upacara peringatan HKN di lingkungan Kementerian Kesehatan, senin 13 November 2017 di Kuningan, Jakarta Selatan. Penghargaan juga diterima oleh bapak Sugianto, SKM., M.Sc.PH.

 

Iodikes, pendatang baru yang mencuri perhatian

                Tak ada yang menyangka bahwa Iodikes mampu menjadi juara 1 dalam kompetisi Terbitan Berkala Internal Kemenkes tahun 2017 kriteria majalah. Pasalnya, Iodikes ini baru berusia 1 tahun. Terbit pertama Juni 2017, Iodikes terbit berkala 6 bulan sekali. Mengusung tema germas, Iodikes edisi 3, Juni 2017 ternyata mampu mencuri perhatian sehingga mendapat juara 1.

                “Nggak nyangka, karena masih baru. Sementara majalah dari satker lain juga banyak yang bagus-bagus. Kita ikut untuk memeriahkan acara dan dianggap sebagai latihan saja untuk pengelola. Jadi sama sekali tidak menyangka kalau juara 1. Semoga ini menjadi momentum agar pengelola Iodikes bisa melahirkan karya lebih baik lagi kedepannya. Kami juga berharap terus mendapatkan suplai tulisan yang berkualitas dari para kontributor. Tanpa mereka kami bukan apa-apa,” Jelas dr. Prihatin Broto Sukandar, M. Kes, Pimpinan redaksi Majalah Iodikes.

 

WBK, sistem baik yang perlu didukung

                Penghargaan sebagai unit kerja yang menerapkan indikator WBK bukanlah penghargaan yang mudah dicapai. Untuk mendapatkannya, seluruh keluarga besar BP2GAKI telah bekerja keras membangun dan menerapkan sistem tersebut kurang lebih selama dua tahun. Awalnya, sangat sulit untuk dapat menerapkan sistem yang telah dibangun. Namun seiring berjalannya waktu, dengan komitmen dari seluruh pegawai, BP2GAKI mampu menerepkan sistem-sistem tersebut.

                Hasilnya tentu saja baik. Kualitas pelayanan publik terukur. Sistem pelayanan mulai merambah ranah online agar dapat memberikan pelayanan lebih mudah dan cepat. Sistem pengaduan dan pengawasan terbangun. Disiplin kerja meningkat. Semua hal menjadi terdokumentasi dengan baik dan terukur. Serta masih banyak hal-hal baik yang menjadi dampak dari pembangunan WBK dan WBBM di BP2GAKI Magelang.

                Memang, sudah menjadi tugas sebuah lembaga pemerintahan agar menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik demi mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Oleh sebab itu, BP2GAKI juga bertekad untuk terus meningkatkan kinerjanya agar dapat memberikan manfaat nyata bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui salah satunya adalah membangun sistem pemerintahan yang baik melalui WBK.

                Sebagai orang yang mewakili BP2GAKI Magelang dalam menerima penghargaan, Sugianto, SKM, M.Sc.PH berpesan agar sistem WBK bisa terus didukung karena tujuannya memang sanga baik.

                “Siapapun pimpinannya nanti, semoga WBK ini bisa terus dijalankan bahkan ditingkatkan karena manfaatnya untuk masyarakat dan kita juga,” tuturnya. (HMS-AP)

 

 


KOMENTAR
(Belum ada komentar)

Untuk Mengirim Komentar Silahkan Login atau Daftar terlebih dahulu
Banner